Wisata Religi Sendang Patirtan Kamulyan Sabdodadi

Administrator 28 Desember 2020 09:12:20 WIB

Di Kalurahan Sabdodadi terdapat potensi budaya yang bisa menjadi daya tarik wisata yaitu sendang atau mata air yang bernama Sendang Patirtan Kamulyan. Sendang Patirtan Kamulyan berlokasi di Kampung Bangeran Padukuhan Keyongan Kalurahan Sabdodadi Kapanewon Bantul Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut cerita sejarah lisan yang berkembang di masyarakat setempat, sendang patirtan kamulyan awalnya ditemukan oleh pasukan Kerajaan Majapahit yang di pimpin oleh istri Brawijaya 5. Pada saat sampai di sendang ini kondisi istri Brawijaya 5 dalam keadaan sakit. Selanjutnya istri brawijaya 5 mandi di sendang tersebut dan ajaibnya setelah mandi penyakit yang diderita istri Brawijaya 5 sembuh total.

Selain pada masa Kerajaan Majapahit, Sendang Patirtan Kamulyan juga pernah disinggahi oleh prajurit Mataram Islam yang terluka akibat bentrok dengan pasukan Mangir Wanabaya. Dikisahkan para prajurit Mataram Islam mandi di sendang tersebut dan secara ajaib setelah mandi luka - luka para prajurit pun sembuh total.

 

Sendang Patirtan Kamulyan ini diyakini oleh masyarakat, bahwa barang siapa yang datang dan mandi di sendang ini atas kehendak Sang Kholiq dapat awet muda, apa yang diharapkan dapat terkabul, dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sendang patirtan kamulyan ini terbagi menjadi 2 yaitu Sendang Kakung dan Sendang Putri. ( Angger/Mutiara)

Komentar atas Wisata Religi Sendang Patirtan Kamulyan Sabdodadi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License