Masyarakat Desa

Administrator 20 Februari 2018 11:36:42 WIB

Sosial

Kegiatan sosial masyarakat di Desa Sabdodadi, diantaranya: kerja bakti (gotong royong), pengajian-pengajian, yasinan, siskamling, FPRB, karang taruna, PKK, posyandu, arisan, kelompok tani, kelompok ternak,  TPA, dan lain-lain. Sikap kegotongroyongan, kerukunan, kepedulian dan kebersamaan masih dijunjung tinggi di Desa Sabdodadi.

 

Budaya

Masyarakat Desa Sabdodadi masih melestarikan adat budaya warisan nenek moyang bangsa Indonesia, khususnya kebudayaan jawa Kraton Yogyakarta.  Dalam kehidupan sehari-hari, tercermin perilaku budaya Jawa Islam dengan tata karma yang sangat dijunjung tinggi, seperti adat bertamu, adat bertutur kata, adat berpakaian, adat bermusyawarah dan sebagainya.

Berbagai kegiatan budaya masih sering dilaksanakan di Desa Sabdodadi, diantaranya: nyadran, tirakatan, kenduri, sholawat barjanji, jathilan, sholawat versi jawa, gejog lesung dan lain-lain. Terdapat regu pasukan prajurit (bergodo). Di Desa Sabdodadi juga mempertahankan rumah joglo.

 

Keadaan Ekonomi

Potensi perekonomian di Desa Sabdodadi cukup beragam di berbagai sektor, antara lain: pariwisata, pertanian, peternakan, dan industri kecil. Desa Sabdodadi memiliki obyek wisata yang cukup potensial yaitu Desa Wisata Manding yang merupakan sentra industry kerajinan kulit, dan Sendang Tirto Kamulyan yang merupakan situs petilasan..

Potensi perekonomian yang lain adalah industri kecil. Komoditas industri kecil yang ada di Desa Guwosari, diklasifikasikan menjadi tiga golongan yaitu komoditas unggulan, komoditas andalan dan komoditas yang diunggulkan.

 

Pertanian dan Peternakan

Desa Sabdodadi yang memiliki area persawahan yang luas menjadi lahan untuk petani mengembangkan potensi di sentra pertanian dengan menanam padi, jagung, maupun palawija. Dari senyra peternakan, terdapat peternakan ayam broiler.

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License