MARKET DAY GALI POTENSI RODA PEREKONOMIAN SEKALIGUS AJANG PAMER PRODUK UNGGULAN SABDODADI

20 Januari 2020 09:00:03 WIB

Bertempat di Jembatan Pedukuhan Neco Sabdodadi Bantul, dilaksanakan giat pengembangan potensi produk unggulan warga pedukuhan Neco dan para kelompok ibu-ibu PKK Pedukuhan Neco, kegiatan yang dalam rangka pemberdayaan perempuan melalui trobosan program Desa Prima oleh Dinas PPPAP2 Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kelompok yang diberi nama “Dulur Subur”, dalam kesempatan ini kelompok tersebut memamerkan produk olahan unggulanya yaitu sajian minuman “Jusrei” minuman itu merupakan hasil olahan asli dan inovasi kelompok dulur subur tersebut.

 

Berbagai kreativitas dilakukan dengan berbagai instrument rempah, dan dipilah-pilah hingga terpilihlah Jusrei tersebut yang menjadi produk unggulan tersebut. Produk itu merupakan minuman dengan komposisi rempah-rempah pilihan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, pengolahanya pun memanfaatkan rempah-rempah yang itu hasil dari tanaman warga setempat, seluruh warga pedukuhan Neco diwajibkan menanamkan rempah seperti serai, jahe, dan jeruk dan berbagai rempah lainya, sehingga olahan ini memang mengandalkan bahan-bahan yang di sekitar warga, dan ini menjadi nilai lebih terhadap produk tersebut.

 

Selain pameran olahan unggulan itu juga disajikan berbagai produk-produk tradisional yang kini semakin tergeser keberadaanya oleh produk pangan kekinian, maka dengan hal ini antusiasme masyarakat sangat positif, kegiatan yang dimulai pukul 06.00 WIB tersebut dalam waktu satu jam ludes diborong oleh para warga sekaligus para pengunjung yang melewati area jembatan Neco tersebut. Hal ini suatu kabar gembira untuk seluruh elemen masyarakat karena kebangkitan roda perekonomian di Sabdodadi akan bergerak, kegiatan itu juga mendapat perhatian khusus oleh Ibu Lurah Desa Sabdodadi yang saat itu turut hadir didampingi oleh ketua Pokdarwis dan Kepala Dukuh Pedukuhan Neco. Kegiatan ini akan diadakan secara rutin setiap minggu pagi.

 

Apresiasi yang sangat baik disambut oleh ketua PKK Sabdodadi, beliau sangat mengapresiasi kepada seluruh ibu-ibu dulur subur dan para ibu PKK yang sudah sangat maksimal menyiapkan segala kelengkapan yang dibutuhkan dan semangat bersama untuk bergerak kearah kemajuan, harapanya agar tetap istiqomah untuk berproses untuk berprogres, tuturnya.

Komentar atas MARKET DAY GALI POTENSI RODA PEREKONOMIAN SEKALIGUS AJANG PAMER PRODUK UNGGULAN SABDODADI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License