INSPEKSI MENDADAK : GERTAK PSN PERLU SAMPEL NYATA

10 Januari 2020 10:58:16 WIB

GERTAK PSN adalah gerakan yang dilakukan secara serentak dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk dengan melakukan 3 M plus diantaranya Menguras, Menutup dan Mengubur serta mendaur ulang/ memanfaatkan barang barang bekas agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab DBD.

Gertak PSN di lingkungan Desa Sabdodadi dilakukan setiap sebulan sekali, namun ada perubahan atas lokasi diadakannya acara tersebut. Tahun 2019, Gertak PSN dijadwalkan bergiliran setiap pedukuhan, namun hasilnya kurang nyata, karena setiap jadwal berlangsung, pihak pedukuhan biasanya akan memberitahukan kepada warganya agar menguras bak penampungan air karena akan diadakan PSN. Untuk memaksimalkan pemantauan PSN secara nyata, maka pada tahun 2020 kegiatan dilaksanaan di Balai Desa Sabdodadi.

Jum’at (10/01) Bapak Sekretaris Kecamatan, Kasi Pelayanan bersama Dokter dan Bidan Puskesmas II Bantul mendampingi Kader sehat Sabdodadi dalam melaksanakan kegiatan Gertak PSN. Lokasi PSN dilakukan secara acak dan mendadak, untuk mendapatkan sampel yang nyata. Pedukuhan yang menjadi sampel PSN hari ini adalah pedukuhan Keyongan RT 01 dan RT 02; Pedukuhan Dukuh RT 03 dan RT 04; Pedukuhan Neco RT 01 dan RT 06. Babinsa dan Babhinkantibmas Sabdodadi juga turut serta terjun ke lokasi PSN. Dari total 67 sampel yang diambil, masih terdapat 15 sampel yang positif terdapat jentik nyamuk. Kepada warga, kader sehat mengedukasi untuk terus melakukan 3M yang rutin juga memberikan Abate yang efektif mematikan nyamuk dan hama serangga pada tingkat larva yang hidup di dalam air sebelum mereka mencapai usia dewasa.

Komentar atas INSPEKSI MENDADAK : GERTAK PSN PERLU SAMPEL NYATA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License