Penyerahan Peta Citra dan Peta Sarana Prasarana Hasil Delineasi Peta Desa

02 Januari 2020 14:10:46 WIB

Acara di buka pada pukul 10.00 WIB oleh pembawa acara. Dihadiri oleh Ketua Ketua PPIDS UGM, Bapak Heri Sutanta, ST., M. Sc., Ph. D dan perwakilan Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten. Fungsi dan manfaat peta delineasi peta desa terkait dengan kebijakan satu peta “One Map Policy”. Tim telah turun ke Desa survey lapangan dari sesudah lebaran sehingga dapat selesai tepat pada waktunya.

Dalam penjelasannya, Bapak Heri menyampaikan Geoportal adalah jenis portal web yang digunakan untuk menemukan dan mengakses informasi geografis (informasi geospasial ) dan layanan geografis terkait (tampilan, pengeditan, analisis, dll.) Melalui Internet . Geoportal penting untuk penggunaan sistem informasi geografis (GIS) yang efektif dan elemen kunci Infrastruktur Data Spasial (SDI).

Adanya Geoportal yang sudah digunakn di beberapa wilayah adalah sebagai pemuetaas dan monitoring tata ruang wilayah, batas wilayah administrasi dan MHA.

Peta yang diserahkan pada acara tersebut diatas berupa peta citra yang di dalamya terdapat peta wilayah batas desa dengan penampakan satelit dan peta sarana prasana yang berisi tentang batas wilayah dan keterangan seluruh bangungan juga identifikasi kegunaan lahan. Peta tersebut dapat digunakan sebagai alat bantu penanggulangan kemiskinan supaya program lebih terarah dan tepat sasaran.

Setelah diserahkannya peta tersebut diharapkan kepada desa untuk kemudian merencanakan pendataan yang lebih detail tentang batas wilayah level pedukuhan hingga RT, Pengisian informasi dan pemanfaatan untuk perencanaan pembangunan.

Pada Tahun 2018 Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Bantul telah melakukan pendataan di Kecamatan Bantul berupa data pengelolaan tanah sultan ground dan pemanfaatan tanah kas desa. Peta Citra dan Peta Sarana Prasarana diserahkan kepada 75 Desa oleh Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Bantul

Komentar atas Penyerahan Peta Citra dan Peta Sarana Prasarana Hasil Delineasi Peta Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License