WAWASAN KEBANGSAAN DISAMPAIKAN SAAT APEL RUTIN

08 Oktober 2019 11:58:47 WIB

Kanit Binmas Polsek Bantul AKP Lukman Riyanto selaku Pembina apel rutin Pamong Desa dan PWRI Sabdodadi pada Senin, 07 Oktober 2019 menyampaikan dalam amanatnya tentang Wawasan Kebangsaan, adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam kebangsaan tersebut terdapat 4 Pilar Kebangsaan, yakni

  1. Pilar Pancasila. Pancasila merupakan pilar pertama untuk kokohnya negara-bangsa Indonesia.
  2. Pilar Undang-Undang Dasar 1945. UUD 1945 merupakan pilar kedua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.
  3. Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  4. Pilar Bhinneka Tunggal Ika

Beliau juga menuturkan tentang nasionalisme, sikap mental dan tingkah laku individu atau masyarakat yang menunjukkan adanya loyalitas atau pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negara. Kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah penting karena dapat menimbulkan patriotisme dan nasionalisme pada bangsa ini. Dengan rasa nasionalisme yang tinggi maka persatuan dan kesatuan sebuah Negara semakin kuat, solidaritas social yang tinggi dan bisa mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik. Patriotisme dimaknai sebagai sifat kepahlawanan, cinta tanah air, sikap yang gagah berani, pantang menyerah serta rela berkorban baik jiwa, raga juga harta demi untuk kejayaan kemakmuran bangsa dan Negara.

Komentar atas WAWASAN KEBANGSAAN DISAMPAIKAN SAAT APEL RUTIN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License