Wakil Bupati Bantul Pimpin Haflah Qurban Merdeka

Administrator 19 Agustus 2019 09:11:27 WIB

‘’Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dewan Dakwah dan Kolingin atas kerjasamanya selama ini dalam memelihara dan mengembangkan DAS (Daerah Aliran Sungai) Kali Winongo di wilayah Kabupaten Bantul yang meliputi Desa Sabdodadi dan Trirenggo,’’ tutur Wakil Bupati Bantul, KH Abdul Halim Muslih.

Hal itu dikatakan Abdul Halim saat meresmikan Haflah Qurban Merdeka LAZNAS Dewan Dakwah di Dukuh Manding Serut Ngentak, Desa Sabdodadi, Kec Bantul, Kab Bantul, DIY, Selasa (13/8).

Turut hadir dalam acara tersebut para tokoh masyarakat Bantul, Kepala Desa Sabdodadi Siti Fatimah, Kepala Desa Trirenggo Munawar, Ketua Dukuh Manding Ngentak Wawan, Pembina Kolingin Ny Suratmi, Ketua Kolingin Ny Sinung, dan para ketua RT serta ratusan warga setempat.

Dari Laznas Dewan Dakwah hadir Wakil Ketua Nurbowo bersama staf markom dan para relawan.

Relawan Istimewa Cupink Topan juga meramaikan kegiatan tersebut.

Wabup Bantul mengatakan, Kolingin (Komunitas Peduli Kali Winongo Indah) sebagai gerakan swadaya gotong royong masyarakat telah memberi inspirasi kebaikan bagi lingkungan sekitarnya.

Kini, seperti disampaikan Pembina Kolingin, komunitas pinggir kali ini telah berkembang menjadi gerakan lingkungan dan kebudayaan positif.

Sebagai penghargaan, Wabup Abdul Halim langsung menyetujui permintaan Pembina Kolingin akan sarana resik kali dan wisata air yakni chainsaw dan perahu bebek angsa.

‘’Insya Allah pekan ini juga semuanya akan diberikan,’’ ujar Wabup Bantul disambut tepuk tangan meriah warga.

KH Abdul Halim selanjutnya meresmikan Haflah Qurban Merdeka LAZNAS Dewan Dakwah yang dipusatkan di Bantul. Ini menandai pemotongan hewan qurban LAZNAS Dewan Dakwah sebanyak kurang lebih 800 ekor kambing/domba dan 200 sapi. Qurban disembelih dan didistribusikan oleh para da’i Dewan Dakwah di 21 provinsi. Sebagian juga dipersembahkan untuk umat Muslim yang menjadi pengungsi di Afrika, Gaza, Suriah, dan Bangladesh serta Myanmar.

Khusus untuk warga Sabdodadi Bantul, disembelih 2 ekor sapi plus 5 ekor kambing. Kedua sapi dipersembahkan oleh pequrban melalui LAZNAS Dewan Dakwah dan sejumlah alumnus Institut Pertanian Bogor (IPB). Sedang kambing berasal dari pequrban melalui Lembaga Kemanusiaan Jerman Muslime Helfen Germany (MHG).

Haflah Idul Adha sekaligus Milad NKRI ke-74 ini dimeriahkan dengan tebar 20 kg ikan di Kali Nongo sekaligus bebersih sampah kali, mancing massal, lomba menangkap bebek, balap perahu treker, dan lomba kreasi dari sampah plastik.

Komentar atas Wakil Bupati Bantul Pimpin Haflah Qurban Merdeka

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License