Pemugaran Situs Sejarah di Bangeran

Administrator 28 Agustus 2018 14:23:35 WIB

Mbah Samijan dibantu dengan beberapa orang pada hari Minggu, 19 Agustus 2018 mulai ritual penggalian salah satu situs sejarah yang berada di tengah area persawahan di Bangeran. Diawali degan berdoa, warga mulai menggali dengan alat seadanya. Situs sejarah tersebut berupa batu kentheng yang terbuat dari batu andesit dengan panjang sekitar satu meter dengan tinggi sekitar 30 cm.

Menurut mbah samijan, batu tersebut dahulu dipergunakan untuk tempat makan dan minum kuda saat kerajaan mataram. Di Desa Sabdodadi terdapat 2 batu kenteng lainnya, yaitu di wilayah kampung Sutran dan di kawasan SMK N 1 Bantul.

Untuk menjaga sejarah, batu kenteng di kawasan Bangeran yang dinamai Kiai Bronoyo dipugar sebagai aset wilayah dan sarana pengetahuan sejarah untuk warga selain Belik Tirta Kamulyan yang masih ada dalam satu lokasi tersebut.

Komentar atas Pemugaran Situs Sejarah di Bangeran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License