PIS-PK Sambangi Warga Desa Sabdodadi

Administrator 26 Februari 2018 09:31:30 WIB

Pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki derajat kesehatan optimal. Dalam rencana strategis Kementerian Kesehatan 2015-2019 yang menegaskan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Pendekatan Keluarga bukanlah program baru, melainkan salah satu cara Puskesmas meningkatkan jangkauan sasaran dan meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan dengan mendatangi keluarga.



Paradigma kesehatan kini adalah dengan pendekatan keluarga melalui kegiatan preventif dan promotif. PIS-PK merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Yaitu program untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan yang sehat, serta sadar pentingnya kesehatan.

Dalam pelaksanaannya, keluarga akan dibina oleh kader atau petugas kesehatan dari puskesmas melalui penyuluhan dan kegiatan lainnya. Program ini diharapkan mampu menyiasati permasalahan akses ke pelayanan kesehatan yang masih sulit dijangkau di beberapa tempat.

Program ini merupakan program lanjutan dari adanya program kunjungan puskesmas yang telah dilaksanakan sebelumnya. PIS-PK merupakan upaya pemerintah dalam membangun kemandirian masyarakat dalam hidup sehat. Sekaligus sebagai upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Harapannya, terciptanya masyarakat yang produktif, sadar kesehatan, serta berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Sosialisasi diikuti oleh kader kesehatan, kader PKK, RT, Dukuh. Menurut Kepala Puskesmas Bantul II Sri Rejeki Arum bahwa tindaklanjut dari sosialisasi ini yaitu proses pendataan kondisi kesehatan keluarga, dimulai Senin 22 Januari di Pedukuhan Kadibeso. Dan dalam Bulan Februari Pedukuhan Manding, sedangkan jadwal 3 pedukuhan masih menyusul.

Komentar atas PIS-PK Sambangi Warga Desa Sabdodadi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License