KEBIJAKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Admin Desa 21 Juni 2019 12:34:08 WIB

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul mengadakan bimbingan teknis kepada 75 Desa di Kabupaten Bantul pada tanggal 19 Juni 2019 bertempat di Hotel Rosella. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan upgrade pelayanan kependudukan di Kabupaten Bantul. Disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bapak Purwadi Nugroho, S.H.,M.H berikut adalah uraian materi;

  1. PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan)

Penyelenggaraan pelayanan public di kecamatan dari tahap permohon sampai tahap terbitnya dokumen dalam satu tempat. Penyelenggaraan ini untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan bagi kantor/badan pelayanan terpadu di Kabupaten/Kota yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kewenangan Kecamatan menurut Perbup No. 11 Tahun 2011 antara lain penandatanganan surat keterangan pindah penduduk WNI antar kecamatan dalam satu Kabupaten, penandatanganan surat keterangan pindah datang WNI antar kecamatan dalam satu Kabupaten, legalisasi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk.

  1. KAPERU, Dinas Kependudukan dan Pencatatan SIpil Kab. Bantul bekerjasama dengan KUA untuk menerbitkan KTP dan KK baru bagi pengantin yang baru menikah supaya tertib administrasi.
  2. AKSI MESRA, mempelai sadar administrasi penduduk dengan pencetakan akta perkawinan
  3. SITUPAT, Siji Entuk Papat, diperuntukan bagi bayi lahir yang dilaporkan ke Disdukcapil akan mendapat NIK, langsung tercantum dlam KK baru, Akta Kelahiran dan KIA
  4. AKSI SIMPATI, palayanan cepat akta kematian pada penduduk yang meninggal, keluarga yang ditinggal langsung mendapat KTP Janda/DUda cerai mati, KK baru.
  5. MORO LEGO, pelayanan jemput bola di wilayah Kantor Desa, Sekolah, Rutan/Lapas dengan menggunakan mobil keliling.
  6. PAGODA, bekerjasama dengan PMI melakukan perekaman e-KTP sekaligus tes golongan darah.

Komentar atas KEBIJAKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

INFO BUDAYA

Pengumuman

...ADUAN ATAU INFO TENTANG DESA DAPAT MELALUI WHATSAPP 08989233161....

Yogyakarta

Lokasi SABDODADI

tampilkan dalam peta lebih besar