PAMONG DESA DAN PEGIAT PARIWISATA BUDAYA DESA SABDODADI IKUTI PELATIHAN DESA MANDIRI BUDAYA

Admin Desa 22 April 2019 12:36:53 WIB

 

SELASA 09 APRIL 2019, berlokasi di Tembi Rumah Budaya Timbulharjo Bantul Yogyakarta pelatihan desa mandiri budaya bidang pariwisata untuk Desa Sabdodadi yang dalam kegaiatan ini diprakarsai oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Terlaksananya kegiatan merupakan bagian dari pelatihan untuk masyarakat Desa Sabdodadi dan pamong desa khususnya yang bergerak dalam program wisata budaya mengingat Desa Sabdodadi merupakan  salah satu desa di Kabupaten Bantul yang telah diberikan prediakt sebagai Desa Budaya dan telah ditetapkan oleh pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Pelatihan ini merupakan pembinaan sumber daya manusia agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik terkait pengelolaan desa budaya tersebut sesuai predikat yang telah diberikan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, gelar yang diberikan tersebut bukan semata-mata sebagai gelar simbolis yang berhenti di satu titik. Namun gelar tersebut memiliki implikasi untuk desa yan mana Pemerintah Desa Sabdodadi dapat menjalakan fungsi budaya tersebut sebagaimana mestinya seperti pengelolaan kelompok budaya beserta pelestarianya sehingga unsur nilai budaya tersebut terus berkelanjutan dan mengakar di desa tersebut. Maka Pemerintah Desa Sabdodadi diberikan amanah besar untuk memaksimalkan segala potensi budaya yang ada di lingkup desa tersebut.

 

Kegiatan yang dihadiri oleh 100 kader pegiat desa wisata bersama para pamong tersebut dilaksanakan secara sistemik dengan berbagai materi yang bervareasi untuk menunjang maksimalisasi penggalian dan pelestarian desa wisata tersebut. Berbagai trik untuk menunjang peran desa wisata dipaparkan oleh para narasumber, salah satunya langsung disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menyampaikan bagimana tatacara yang harus dilakukan agar pengemasan desa wisata dapat menarik banyak pengunjung baik pengunjung lokal maupun mancanegara. Tak luput disampaikan hal-hal yang perlu dilakukan untuk menunjang pelayan prima yang pada materi ini disampaikan oleh Direktur JTTC.

Social Networking pun tidak tertinggal disampaikan, mengingat era digital yang kian berkembang dan terus diminati masyarakat karena memberi efek memudahkan akses untuk masyarakat, materi terkait social networking ini dipaparkan oleh pemuda Gempi yang menyampaaikan terkait prosedural promosi agar dapat menarik wisatawan.

 

 

 

Komentar atas PAMONG DESA DAN PEGIAT PARIWISATA BUDAYA DESA SABDODADI IKUTI PELATIHAN DESA MANDIRI BUDAYA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

INFO BUDAYA

Pengumuman

...ADUAN ATAU INFO TENTANG DESA DAPAT MELALUI WHATSAPP 08989233161....

Yogyakarta

Lokasi SABDODADI

tampilkan dalam peta lebih besar