DESA WISATA MANDIING TERBAIK SEMBILAN KABUPATEN

Admin Desa 04 Maret 2019 09:37:05 WIB

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Tahun 2019 mengadakan lomba Best of The Best Desa Wisata Kabupaten Bantul, yang diikuti oleh Desa Wisata yang lolos seleksi dari prosesi tahapan lomba sebelumnya. Sembilan peserta dibagi menjadi Tiga Kelompok selama tiga hari dimulai tanggal 19 - 21 Februari 2019.

Hari pertama penilaian, dimulai  di Desa Wisata Krebet – Kampung Santan – Manding.

Penilaian berlangsung di masing- masing sekretariat Desa Wisata tersebut.

Tim juri terdiri dari Bp. Bobby Ardyanto (ASITA DIY), Bp Imam Widodo (HPI DIY), Ibu Esti Cemporaningsih, ST, M.Si (PUSPAR UGM), Bp Octo Lampito (Harian Kedaulatan Rakyat). Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul, juga bertindak selaku juri lomba tersebut.

Turut hadir dalam penilaian tsb,  Sekretaris Dinas Pariwisata Kab. Bantul beserta Kepala Bidang Kapasitas dan Ekonomi Kreatif, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kab. Bantul dan jajarannya.

Kriteria penilaian lomba Best of The Best Desa Wisata tersebut adalah dari sisi Administrasi yang meliputi Kepemilikan dan kepengurusan oleh masyarakat ( legalitas ), Kontribusi terhadap kesejahteraan sosial ( manfaat bagi masyarakat lokal ), Kontribusi untuk menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan ( keamanan dan keselamatan pengunjung ), Mendorong terjadinya partisipasi interaktif antara masyarakat  lokal dengan wisatawan, Jasa perjalanan wisata dan pramuwisata yang berkualitas ( aktifitas/paket yang ditawarkan kepada pengunjung ), Kualitas makanan dan minuman, Kualitas akomodasi, Kinerja Friendly Tour Operator, daya tarik wisata ( kondisi alam ),  Kemudian Profil dari masing- masing Desa Wisata.

Tujuan diadakannya Lomba Best of The Best Desa Wisata Kabupaten Bantul tersebut untuk mengevaluasi pengembangan desa wisata  di Kabupaten Bantul serta memotivasi pengelola desa wisata untuk selalu melakukan inovasi dalam pengelolaan desa wisata. Pemenang lomba akan diumumkan pekan depan, para peserta lomba berharap harap cemas apakah desa mereka akan sukses menjuarai untuk ditunjuk sebagai wakil Bantul dalam lomba desa wisata tingkat DIY.

Setelah dalam tahap penilaian, tanggal 28 Februari bertempat di Pantai Cemoro Sewu, Parangtritis, Kretek, Bantul bertepatan dengan kegiatan pembinaan pokdarwis/desa wisata Parangtritis diumumkan pemenang Lomba Best of The Best Desa Wisata dari terbaik 1 (satu) hingga terbaik 9 (Sembilan). Desa Wisata Manding mendapatkan predikat Terbaik 9 dan mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 2.000.000 dan uang pembuatan profil CD Desa Wisata sebesar Rp. 200.000

Hadiah diberikan oleh Bapak Kabid Pengembangan Kapasitas Pariwisata, Bapak Antoni Hutagaol, diterima langsung oleh Lurah Desa Sabdodadi, Ibu Siti Fatimah. Harapannya lomba ini dapat menjadi sebuah pacuan untuk Desa Wisata Manding lebih berkembang dan memotifasi Sabdodadi untuk menciptakan obyek wisata baru.

 

Komentar atas DESA WISATA MANDIING TERBAIK SEMBILAN KABUPATEN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

INFO BUDAYA

Pengumuman

...ADUAN ATAU INFO TENTANG DESA DAPAT MELALUI WHATSAPP 08989233161....

Yogyakarta

Lokasi SABDODADI

tampilkan dalam peta lebih besar