GOTONG ROYONG MENJADI BUDAYA WARGA MANDING SERUT SABDODADI

Admin Desa 04 Maret 2019 08:25:00 WIB

SOSOKNYA mengubah lingkungan kali winongo menjadi tempat wisata yang indah,yang tempatnya berada di dusun manding serut sabdodadi bantul YOGYAKARTA

 

Namanya bapak Subroto,orang-orang memanggilnya dengan pak broto, seorang bapak yang mempunyai ide untuk mengubah kali winongo menjadi tempat wisata yang indah bersama komunitas organisasinya KOLINGIN (komunitas kali winongo indah) untuk memajukan desa manding serut.

**

Rumah bapak Subroto yang terletak di dusun Manding Serut Sabdodadi Bantul,ia juga dikenal sebagai mantan purnawirawan POLRI sekaligus bapak dari dua orang anak ini mempunyai buah pikiran yang cukup positif di usianya yang telah menginjak kepala dua.

 

Tidak hanya komunitas saja yang ia ajak untuk mewujudkan buah pikirannya itu dia juga mengajak desa yang ada di sekitar bantaran kali winongo dan lebih bagusnya dia merapatkanya dengan kepala dusun desa yang lain untuk ikut serta menyulap indah kali winongo.

Ia dan komunitasnya mendirikan markas mereka yang tepat berada di belakang Masjid Baiturahman Manding Serut Sabdodadi Bantul dan peresmianya juga dihadiri langsung oleh wakil bupati Bantul bapak H.Abdul Halim M. Pada beberapa pekan yang lalu.

**

Sebenarnya tujuan kolingin tidak hanya mewujudkan desa wisata tapi agar membuat warga di dusun manding serut ini menjadi aktif dan dapat menyalurkan bakatnya begitu kata bapak paruh baya itu dan ternyata idenya itu diterima oleh warga dengan sepenuh hati para bapak-bapak muda juga turut bersemangat bergotong-royong  membersihkan kali winongo dari sampah.

**

Kolingin ini di bagi menjadi dua kelompok yakni dari RT 01 dan RT 02 masing-masing mempunyai bagian untuk memperindah kali winongo di bagianya.

Saat team SID.com mendatangi lokasi tersebut terlihat para bapak-bapak dengan penuh semangat, mengucur keringat dari pelipis dengan penuh kerja keras sedang membuat jalan setapak yang terbuat dari bambu di pinggir kali Winongo yang panjang menyusuri kali Winongo, tak lupa juga mereka membuat miniatur kapal yang cocok untuk dijadikan spot selfie yang indah diatas kali Winongo dan juga miniatur lainya seperti bentuk hati dan lain-lain.waktu team kami datang mungkin sudah separuh tahap pengerjaan hampir selesai untuk bagian utara bantaran kali Winongo.

Antusiasme para ibu-ibu juga tidak kalah semangat untuk berkarya mewujudkan kali Winongo indah dengan inovasi model yang berbeda, yakni dengan mensupport konsumsi untuk para bapak-bapak muda yang bergotong-royong memperindah kali Winongo. Hal imi menjadi bukti konkret kebersamaan dan rasa kekeluargaan warga Manding Serut, semua saling bahu membahu mewujudkan cita-cita bersama.

“Ya, saya punya harapan yang besar dari tujuan KOLINGIN ini semoga bisa memajukan keuangan dusun dan memajukan warganya untuk mewujudkan dusun sejahtera”, tutup Subroto selaku koordinator KOLINGIN.

(SETYADI PRADANA ATMAJA)

Komentar atas GOTONG ROYONG MENJADI BUDAYA WARGA MANDING SERUT SABDODADI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

INFO BUDAYA

Pengumuman

...ADUAN ATAU INFO TENTANG DESA DAPAT MELALUI WHATSAPP 08989233161....

Yogyakarta

Lokasi SABDODADI

tampilkan dalam peta lebih besar