CEGAH SAKIT DENGAN GERMAS

Admin Desa 20 Agustus 2018 10:56:26 WIB

Dinas Kesehatan bersama DPRD Komisi D, konsen terhadap kesehatan masyarakat dengan program GERMAS ( Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ). Pada Rabu, 15 Agustus 2018 bertempat di Aula Balai Desa Sabdodadi. Ir.Atmaji selaku anggota DPRD bersama Dinas Kesehatan mengadakan sosialisasi tentang Implementasi GERMAS dalam kehidupan sehari-hari. Dalam 30 tahun terakhir ini, menurut riskesdas 2013 terjadi perubahan pola penyakit terkait dengan perilaku manusia. Sejak tahun 2010, penyebab terbesar kesakitan dan kematian adalah penyakit tidak menular seperti tekanan darah tinggi, stroke, jantung, kanker, kencing manis yang terjadi karena pola hidup tidak sehat seperti merokok, kurang makan buah, jarang aktivitas fisik, mengkonsumsi makanan gorengan dan berlemak, minum alcohol, minum minuman bersoda, dan malas.

Angka kematian ibu dan bayi juga menjadi perhatian pemerintah. Tugas pemerintah dan masyarakat bersaa-sama mengurangi angka kematian tersebut dengan mengurangi angka usia nikah, sehingga lebih siap dalam berbagai aspek. Untuk perempuan yang sudah pernah melahirkan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan TORCH, jika pernah ada keluarga yang meninggal karena kasus yang sama, melahirkan bayi cacat dan pernah keguguran.

Penyakit-penyakit tersebut dalam dicegah dengan GERMAS sesuai dengan Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dengan ruang lingkup peningkatan aktivitas fisik, peningkatan lingkungan sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan lingkungan sehat, peningkatan edukasi hidup sehat, dan peningkatan perilaku hidup sehat.

Komentar atas CEGAH SAKIT DENGAN GERMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

INFO BUDAYA

Pengumuman

...ADUAN ATAU INFO TENTANG DESA DAPAT MELALUI WHATSAPP 08989233161....

Yogyakarta

Lokasi SABDODADI

tampilkan dalam peta lebih besar